Usai Lebaran, Banyuwangi Gelar Tradisi Puter Kayun

Published By Admin | Pada:

Selamat datang kembali di situs web kami! Di web ini, kami akan memberikan update terbaru tentang Usai Lebaran, Banyuwangi Gelar Tradisi Puter Kayun. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengetahui Berita-berita Terupdate Terkini! Kami akan memberikan informasi yang akurat dan terpercaya tentang Berita hari ini. Segera saksikan video ini untuk mengetahui apakah berita ini yang anda cari pada hari ini! Jangan lupa untuk subscribe, like, dan bagikan video ini agar Anda tidak ketinggalan brita setiap harinya. Terima kasih telah menonton!Usai Lebaran, Banyuwangi Gelar Tradisi Puter Kayun
Usai Lebaran, Banyuwangi Gelar Tradisi Puter Kayun

Liputan6.com, Banyuwangi Usai Idulfitri, masyarakat Osing Banyuwangi memiliki berbagai tradisi dan ritual adat yang biasa dilakukan. Selain Barong Ider Bumi Kemiren, ritual adat Seblang Olehsari, juga digelar tradisi Puter Kayun yang dilakukan oleh masyarakat Kelurahan Boyolangu Banyuwangi, Jumat (19/4). 

Tradisi Puter Kayun merupakan tradisi napak tilas yang dilakukan warga Kelurahan Boyolangu, Kecamatan Giri, Banyuwangi menuju wisata Watu Dodol. Tradisi yang digelar tiap 10 Syawal ini merupakan penepatan janji warga Boyolangu kepada para leluhur yang telah berjasa membuka akses di kawasan Banyuwangi utara. Banyak kaum muda yang terlibat dalam ritual Puter Kayun, dengan ikut mengarak delman. 

BACA JUGA: Konflik Global Masih Terus Terjadi, Begini Langkah Pemerintah Kelola Energi

Baca Juga

"Dengan Puter Kayun kita mengingat dari mana berasal. Ini bentuk penghormatan kita kepada leluhur yang telah membuka akses ke wilayah utara," ujar Iqbal Sani Dzulkahfi (24), saat ikut mengarak delman.