Pemanasan Global Kian Nyata, Tutupan Es di Puncak Cartenz Papua Tengah Terus Menipis

Published By Admin | Pada:

Selamat datang kembali di situs web kami! Di web ini, kami akan memberikan update terbaru tentang Pemanasan Global Kian Nyata, Tutupan Es di Puncak Cartenz Papua Tengah Terus Menipis. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengetahui Berita-berita Terupdate Terkini! Kami akan memberikan informasi yang akurat dan terpercaya tentang Berita hari ini. Segera saksikan video ini untuk mengetahui apakah berita ini yang anda cari pada hari ini! Jangan lupa untuk subscribe, like, dan bagikan video ini agar Anda tidak ketinggalan brita setiap harinya. Terima kasih telah menonton!Pemanasan Global Kian Nyata, Tutupan Es di Puncak Cartenz Papua Tengah Terus Menipis
Pemanasan Global Kian Nyata, Tutupan Es di Puncak Cartenz Papua Tengah Terus Menipis

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah melakukan pemantauan tutupan es atau gletser di Puncak Jaya sejak 2009 hingga 2023. Dalam kurun waktu 2016 hingga 2022, rata-rata luas es berkurang sekitar 0,07 kilometer persegi per tahun, dengan estimasi total luas es pada April 2022 mencapai 0,23 kilometer persegi.

Pada pemantauan tahun 2022, BMKG memperkirakan ketebalan es yang tersisa pada Desember 2022 mencapai enam meter. Namun, pada Desember 2023, data terakhir menunjukkan bahwa ketebalan es semakin menipis dengan pengurangan hingga empat meter, atau menyisakan ketebalan dua meter.

"Hal ini kemungkinan terkait kondisi El Nino pada 2022-2023,” kata Koordinator Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Klimatologi Pusat Litbang BMKG Donaldi Permana dalam seminar virtual terkait iklim berkelanjutan menyambut Hari Meteorologi Dunia ke-74 di Denpasar, Bali, Kamis 18 April 2024, yang dilansir dari Antara.