Pengamat: Prabowo Bisa Rangkul Nasdem-PKB, Kekuatan Makin Lengkap

Published By Admin | Pada: Kamis 25 Apr 2024 18:45 WIB

Selamat datang kembali di situs web kami! Di web ini, kami akan memberikan update terbaru tentang Pengamat: Prabowo Bisa Rangkul Nasdem-PKB, Kekuatan Makin Lengkap. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengetahui Berita-berita Terupdate Terkini! Kami akan memberikan informasi yang akurat dan terpercaya tentang Berita hari ini. Segera saksikan video ini untuk mengetahui apakah berita ini yang anda cari pada hari ini! Jangan lupa untuk subscribe, like, dan bagikan video ini agar Anda tidak ketinggalan brita setiap harinya. Terima kasih telah menonton!Pengamat: Prabowo Bisa Rangkul Nasdem-PKB, Kekuatan Makin Lengkap
Pengamat: Prabowo Bisa Rangkul Nasdem-PKB, Kekuatan Makin Lengkap

JAKARTAINEWS.COM, JAKARTA -- Dosen Ilmu Politik and International Studies Universitas Paramadina yang juga Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) Ahmad Khoirul Umam berpendapat, pendekatan Presiden terpilih Prabowo Subianto dengan Partai Nasdem dan PKB bakal memberi keuntungan bagi pemerintahan Prabowo-Gibran ke depan. Pasalnya digandengnya Partai Nasdem dan PKB dinilai dapat menggenapkan kekuatan politik di Parlemen.

"Perubahan peta politik pasca penetapan pemenang Pilpres oleh KPU kemarin memberikan legitimasi politik dan konstitusional kepada Prabowo-Gibran untuk menyiapkan pemerintahan barunya. Ketiadaan coat-tail effect dan masih terbatasnya akumulasi kekuatan politik Koalisi 02 di parlemen, yakni 48 persen, meniscayakan dibukanya politik akomodasi secara lebar-lebar," kata Khoirul dalam keterangannya, Kamis (25/4/2024). 

Khoirul menuturkan, untuk menghadirkan lingkungan politik dan pemerintahan baru yang stabil dalam transisi kekuasaan, maka dibutuhkan setidaknya 60% kekuatan parlemen. Langkah menggandeng Partai Nasdem dan PKB merupakan upaya menambahk kekuatan parlemen.

"Dalam konteks ini, pendekatan Prabowo dengan Nasdem dan PKB, setidaknya akan menggenapkan kekuatan politik pemerintahan Prabowo-Gibran menjadi sekitar 70%," ujar dia.

Bahkan, lanjut Khoirul, jika guguatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) PPP dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK), akumulasi koalisi pemerintahan Prabowo-Gibran bisa semakin kuat, yakni sekitar 74 persen.

"Jumlah itu sudah lebih dari cukup untuk sebuah pemerintahan dengan sistem presidensial yang berada di tengah sistem multipartai," kata dia. 

Lebih lanjut, Khoirul menuturkan, pemerintahan Prabowo-Gibran hendaknya tetap membuka ruang bagi hadirnya kekuatan oposisi yang memadai. Hal itu untuk menjaga sistem checking and balancing dalam mekanisme demokrasi dan tata kelola pemerintahan. 

"Per hari ini, setidaknya ada dua partai yang belum terbuka pintu komunikasi untuk bergabung ke pemerintahan, yakni PKS dan PDIP," ujar dia. 

Diketahui, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka telah ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden RI 2024-2029 oleh KPU RI pada Rabu (24/4/2024). Usai penetapan itu, Prabowo bertemu dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang juga cawapres di Pilpres 2024 dari Koalisi Perubahan.

Pertemuan yang diadakan di DPP PKB, Jakarta Pusat itu tidak tegas mengungkapkan bahwa PKB akan bergabung di pemerintahan Prabowo-Gibran, namun baik Prabowo maupun Muhaimin, keduanya sepakat untuk terus bekerjasama.  

Kemudian pada hari ini, Kamis (25/4/2024), Prabowo bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara 4, Jakarta Selatan. Pertemuan Prabowo dan Surya Paloh tak mengejutkan. Sebab, Prabowo sempat menyambangi Nasdem Tower pada Maret 2024 lalu.

Selain itu, Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali juga menemui Prabowo dan Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di kediaman Prabowo pada Selasa (23/4/2024) malam.

Tag:
berita terbaru hari ini,berita hari ini,berita terkini,berita terbaru,berita kompas,berita,berita kompastv,viral hari ini,portal berita video,berita video,prabowo terbaru hari ini,republika mahasiswa,jakarta,pilpres 2024 terbaru hari ini,prabowo gibran terbaru hari ini,berita indonesia,berita viral,24tahun republika,republika,milad republika,berita hangat,berita politik,berita politik indonesia terbaru,#jakarta,tv berita,berita update, Minggu 5 Mei 2024
Berita Terkait