PKS Tutup Pintu, Pilkada Jakarta Bakal Diikuti 3 Poros Koalisi?

Published By Admin | Pada: Rabu, 3 Juli 2024 | 07:30

Selamat datang kembali di situs web kami! Di web ini, kami akan memberikan update terbaru tentang PKS Tutup Pintu, Pilkada Jakarta Bakal Diikuti 3 Poros Koalisi?. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengetahui Berita-berita Terupdate Terkini! Kami akan memberikan informasi yang akurat dan terpercaya tentang Berita hari ini. Segera saksikan video ini untuk mengetahui apakah berita ini yang anda cari pada hari ini! Jangan lupa untuk subscribe, like, dan bagikan video ini agar Anda tidak ketinggalan brita setiap harinya. Terima kasih telah menonton!PKS Tutup Pintu, Pilkada Jakarta Bakal Diikuti 3 Poros Koalisi?
PKS Tutup Pintu, Pilkada Jakarta Bakal Diikuti 3 Poros Koalisi?

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemilihan Gubernur atau Pilgub DKI Jakarta berpotensi diikuti oleh 3 poros koalisi usai Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menegaskan bahwa bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Anies Baswedan-Sohibul Iman sudah final. 

Pernyataan itu sekaligus menutup pintu PKB dan PDIP untuk melobi PKS terkait calon pendamping Anies dalam Pilkada Jakarta 2024. Apalagi, baik PDIP dan PKB, juga belum berminat untuk mengusung pasangan Anies-Iman (AMAN).

Presiden PKS Ahmad Syaikhu, misalnya, telah secara terang benderang menegaskan jika Anies ingin tetap bersama PKS maka harus menggandeng Sohibul Iman sebagai calon wakil gubernur.

"Kemarin ada framming di media katanya Pak Syaikhu mempersilakan Pak Anies memilih wakilnya, saya bilang 'Itu terserah Pak Anies pasti punya banyak pilihan, mau ambil siapa.' Tapi saya tegaskan jika ingin bersama PKS, harus membawa Mohamad Sohibul Iman," ujar Syaikhu. 

Syaikhu menjelaskan pengurus pusat partai berpendapat Sohibul merupakan sosok yang cocok menjadi pasangan politik Anies untuk memimpin Jakarta. Menurutnya, rekam jejak Anies-Sohibul sudah terjamin.

Penegasan yang sama juga disampaikan oleh Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid alias HNW. HNW bahkan menegaskan duet Anies Baswedan - M. Sohibul Iman sudah tidak bisa dinegosiasikan lagi.

Ia menjelaskan, PKS menganggap duet Anies-Sohibul merupakan yang terbaik karena sama-sama memiliki rekam jejak yang mumpuni.

"Ya, di PKS tidak bisa diubah lagi," ujar HNW di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (2/7/2024).

Wakil ketua MPR ini tidak menampik deklarasi duet Anies-Sohibul sempat tidak disambut baik oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Padahal, PKB merupakan salah satu partai politik yang menunjukkan ketertarikan mendukung Anies maju sebagai calon gubernur Jakarta 2024.

Meski demikian, HNW menegaskan PKS akan tetap buka komunikasi dengan PKB agar mau menerima Anies-Sohibul. Apalagi, menurutnya, duet tersebut punya kesempatan menang paling besar karena memiliki basis yang luas: Anies mewakili Islam modernis, sementara Sohibul Iman mewakili Islam tradisionalis.

"Tentu semuanya juga ingin menang gitu kan dan pasti PKB tidak ingin koalisi yang tidak menang," jelas HNW.

Ditolak PDIP-PKB?

Selain PKS, PDI Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merupakan dua partai politik lain yang menunjukkan ketertarikan untuk usung Anies menjadi calon gubernur Jakarta 2024.

Meski demikian, deklarasi duet Anies-Sohibul oleh PKS seakan langsung ditanggapi secara negatif oleh PDIP dan PKB.

Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga menjelaskan, tidak ada partai politik yang bisa mengusung calon sendiri dalam ajang Pilkada Jakarta 2024. Alasannya, menurut hasil Pileg 2024, tidak ada partai politik yang meraih 20% dari total kursi di DPRD Jakarta.

Sementara itu, Pasal 40 ayat (1) undang-Undang No. 10/2016 tentang Pilkada mengatur hanya partai politik atau gabungan partai politik dengan minimal 20% dari total kursi di DPRD yang bisa mencalonkan kepala daerah. Oleh sebab itu, lanjut Eriko, PKS harus mencari partai politik lain yang mau ikut usung Anies-Sohibul.

"PKS kalau saya tidak salah 18 [kursi di DPRD Jakarta], masih perlu 4 kursi lagi [agar capai 20% kursi di DPRD Jakarta]. Nah ini siapa? Apakah teman-teman media bisa menyampaikan, 'Oh satu partai lagi ini pasti.' Kan belum tentu, kan? Karena belum ada yang namanya keputusan final," ujar Eriko di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Selasa (25/6/2024).

Sedangkan Wakil Sekretaris PKB Syaiful Huda merasa langkah PKS mendeklarasikan duet Anies-Sohibul sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta 2024 merupakan sebuah blunder.

Huda meyakini, keputusan PKS mendeklarasikan duet Anies-Sohibul Iman telah menutup pintu untuk partai politik lain bergabung ke koalisinya. Padahal, lanjutnya, PKS tidak bisa mengusung calon sendiri dalam ajang Pilkada Jakarta 2024.

"Blunder menurut saya [deklarasi Anies-Sohibul]. Itu yang saya sebut komunikasi politik yang semacam ini akan menutup pintu partai-partai lain untuk bisa bermitra dan poros koalisi ini," kata Huda di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2024).

Koalisi PDIP-PKB

Adapun, belakangan wacana kerja sama politik antara PDIP dan PKB semakin terdengar. Eriko Sotarduga menjelaskan bahwa kerja sama antara PDIP (miliki 14,01% dari total kursi di DPRD Jakarta) dengan PKB (miliki 7,76% dari total kursi di DPRD Jakarta) sudah cukup untuk usung calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta 2024.

Bahkan, sambungnya, kerja sama kedua partai politik itu juga bisa diperluas ke Pilgub Jawa Timur (Jatim) 2024. Skenarionya, PKB bisa mendapatkan posisi bakal calon gubernur Jakarta 2024; sementara itu, PDIP yang mendapatkan posisi bakal calon gubernur Jatim 2024; atau malah sebaliknya.

"Kalau misalnya di Jakarta, misalnya ini berandai-andai, PKB menjadi calon gubernurnya, boleh enggak di Jawa Timur, PDIP yang menjadi calon gubernurnya, boleh kan?" jelas Eriko di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (25/6/2024).

Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda juga sudah mengakui tawaran PDIP itu menarik untuk dipertimbangkan karena buat kedua partai setara.

Ketua DPP PDIP Said Abdullah juga sudah menemui Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin pada 30 Mei lalu. Said mengungkapkan Cak Imin memang dekati PDIP untuk jalin kerja sama politik di Pilkada Jakarta 2024.

"Pendekatannya itu pendekatan kesamaan antara PDI Perjuangan dengan Partai Kebangkitan Bangsa. Di Jakarta memang mendekati PDIP, iya betul," jelas Said di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (1/7/2024).

Cak Imin juga tidak menampik bicara wacana kerja sama politik antara PKB-PDIP dalam ajang Pilkada Jakarta sekaligus Jawa Timur (Jatim) 2024.

Meski demikian, lanjutnya, pembicaraan masih dalam tahapan awal. PKB dan PDIP masih melihat tawaran masing-masing pihak.

"Masih pencocokan hasil survei, masih mencocokkan potensi masing-masing," ungkap Cak Imin di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (1/7/2024).

Simulasi 3 Poros 

Ambang batas pencalonan kepala daerah diatur dalam Undang-Undang (UU) No. 10/2016 tentang Pilkada. Pasal 40 ayat (1) mengatur hanya partai politik atau gabungan partai politik dengan perolehan minimal 20% dari total kursi di DPRD yang bisa mencalonkan kepala daerah.

Sementara itu, menurut hasil Pileg 2024, tidak ada partai politik yang meraih 20% kursi di DPRD Jakarta. Terdapat 106 kursi yang diperebutkan dari 10 daerah pemilihan (dapil) DPRD DKI Jakarta, sehingga ambang batas 20% sama dengan 22 kursi DPRD.

PKS merupakan partai politik peraih suara terbanyak di Pileg DPRD Jakarta. PKS punya 16,68% total suara atau sekitar 18 kursi apabila dikonversi dengan metode Sainte Lague.

Dengan demikian, untuk bisa mengusung pasangan Anies-Sohibul, PKS hanya butuh menggandeng partai lain untuk mengisi selisih 3,5% suara atau 4 kursi DPRD.

Menurut hasil Pileg 2024, selain PDIP, partai politik yang memenuhi syarat tersebut adalah Demokrat (7,32%), PAN (7,51%), PSI (7,68%), PKB (7,76%), Golkar (8,53%), Nasdem (8,99%), dan Gerindra (12%). Secara kedekatan politik, Nasdem dapat mengisi kekurangan tersebut.

Sementara itu, PDIP yang memperoleh 14,01% suara atau sekitar 15 kursi DPRD DKI belum mampu untuk mengusung calon sendiri. Sama halnya dengan perolehan suara PKB yang setara dengan 10 kursi.

Namun, apabila poros PDIP-PKB terwujud, maka ambang batas parlemen akan terlampaui, sehingga nama-nama bakal pasangan calon kedua dapat muncul.

Di sisi lain, Koalisi Indonesia Maju secara kumulatif menjadi poros yang telah memenuhi ambang batas 22 kursi DPRD. Apabila bergabung bersama Golkar (10 kursi) saja. Gerindra yang merengkuh 12% suara atau 14 kursi DPRD sudah dapat melampaui ambang batas pencalonan gubernur-wakil gubernur.

Tag:
berita terbaru hari ini,berita hari ini,berita terkini,berita terbaru,berita kompas,berita,berita kompastv,viral hari ini,portal berita video,berita video,prabowo terbaru hari ini,republika mahasiswa,jakarta,pilpres 2024 terbaru hari ini,prabowo gibran terbaru hari ini,berita indonesia,berita viral,24tahun republika,republika,milad republika,berita hangat,berita politik,berita politik indonesia terbaru,#jakarta,tv berita,berita update, Kamis 25 Juli 2024
Berita Terkait


Pada awal tahun ini, Musk memberhentikan lebih dari 10% staf global Tesla dalam upaya untuk mengarahkan perusahaan ke pengembangan produk berbasis kecerdasan buatan (AI). ... More →


Laporan dari Associated Press menunjukkan bahwa beberapa bot Meta berperilaku tidak sesuai harapan, seperti memasukkan diri dalam percakapan yang tidak relevan di grup Facebook. ... More →


Warner Bros. baru saja mengumumkan akuisisi Player First Games, pengembang di balik game tempur platform free-to-play populer MultiVersus. ... More →


SenseTime telah mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani perjanjian kerja sama strategis dengan China Unicom di acara China Unicom Partner Conference 2024. ... More →


Pasar ponsel pintar global sedang mengalami pemulihan setelah beberapa tahun mengalami kemerosotan pasar. ... More →


Kaki bionik yang dikendalikan otak ini memungkinkan pemakainya mengendalikan kaki palsu hanya dengan menggunakan pikiran mereka. ... More →


Kemerosotan pasar TV terus berlanjut, dan harga panel akhirnya menyerah pada lemahnya permintaan. . ... More →


Tim peneliti telah menggabungkan teknologi baterai terbaik untuk menciptakan baterai solid-state natrium bebas anoda pertama di dunia. ... More →


Alat ini membantu moderator memverifikasi apakah konten di platform mereka cocok dengan yang telah ditandai di basis data pihak ketiga. ... More →


Malware SYS01 terus berkembang dalam metode pengirimannya, menargetkan audiens yang lebih luas melalui iklan di media sosial seperti tema Windows. ... More →


Insinyur Boeing dan NASA telah menghabiskan sebagian besar bulan terakhir untuk melakukan uji lapangan pada pendorong Starliner Reaction Control System (RCS). ... More →


Huawei dilaporkan telah mengajukan gugatan pelanggaran paten terhadap MediaTek, pembuat chip besar, di pengadilan lokal di Tiongkok. ... More →


X dikabarkan akan sedang menguji coba fitur baru dimana pengguna dapat memblokir tautan link di DM untuk mengurangi celah penipuan. ... More →


14 perusahaan besar di bidang AI termasuk Google, Microsoft, OpenAI, Amazon, Nvidia, IBM, PayPal, Cisco, Anthropic, dan Intel berkumpul untuk membentuk Coalition for Secure AI (CoSAI). ... More →


Dalam sebuah pengumuman terbaru, mulai 31 Agustus mendatang, Google akan bebersih aplikasi di Play Store yang tidak sesuai standar mereka. ... More →


Dalam sebuah kabar disebutkan bahwa Google tengah kembangkan Google Glass generasi terbaru dengan teknologi Gemini AI, ingin akuisisi perusahaan EssilorLuxottica. ... More →


Dengan semakin meningkatnya industri AI, bukan hanya NVIDIA saja, namun TSMC juga akan mendapatkan keuntungan yang besar yang membuat perusahaan tersebut semakin “bernilai”. ... More →


Ilmuwan NASA mengatakan belerang murni telah ditemukan di Mars untuk pertama kalinya setelah wahana Curiosity secara tidak sengaja menemukan sekelompok kristal kuning. ... More →


Para peneliti di Universitas Beihang Tiongkok sedang mengembangkan drone bertenaga surya yang secara teori dapat bertahan di udara tanpa batas waktu. ... More →


Selama panggilan konferensi keuangan baru-baru ini, para eksekutif Netflix mengungkapkan lebih dari 80 game yang sedang dikembangkan. ... More →


Microsoft mengeluarkan alat untuk memperbaiki masalah yang ditimbulkan CrowdStrike Jumat (19/7) dengan meluncurkan alat bernama WinPE. ... More →


Martin mengungkapkan rencananya untuk memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) dalam mengatasi berbagai tantangan, termasuk mendeteksi kecurangan di papan peringkat Strava. ... More →


Prosesor mobile MediaTek mendatang, Tianji 8400, membuat gebrakan dengan skor benchmark yang mengesankan. ... More →


Pada tanggal 20 Juli, pemerintah Nigeria mengenakan denda besar sebesar $2,2 juta (Rp36 miliar) pada Meta, perusahaan induk Facebook dan WhatsApp. ... More →


Saat pengumuman pendapatan kuartalan perusahaan, Netflix menyampaikan bahwa mereka berencana meluncurkan game multipemain yang terinspirasi oleh Squid Game. ... More →